CARA MENGGAMBAR DENGAN AUTOCAD 2D DAN 3D


Hai , selamat datang di blog kami. blog ini membahas khusus tentang penggunaan salah satu software yang paling terkenal dan paling banyak dipakai oleh pekerja-perkerja teknik dan desain yaitu salah satu program CAD (Computer Aided Design) yang paling terkenal yaitu AutoCAD.

Sejak pertama kali release pada Desember 1982 perusahaan yang merelease AutoCAD yaitu Autodesk sebagai developer program ini telah mengembangkan teknologinya menjadi software yang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan yang sifatnya teknikal yang terbagi secara vertikal dalam beberapa software turunan yang sampai saat ini ada beberapa macam, yaitu :


  1. AutoCAD Architecture
  2. AutoCAD Civil
  3. AutoCAD Electrical
  4. AutoCAD Escad
  5. AutoCAD Map 3D
  6. AutoCAD Mech
  7. AutoCAD MEP
  8. AutoCAD Structural Detailing
  9. AutoCAD Utility Design
  10. AutoCAD P&ID
  11. AutoCAD Plant 3D

Dengan banyaknya variasi dari penggunaan secara spesial AutoCAD tersebut tentunya tidak semua orang bisa menguasainya. tetapi secara dasar/basic penggunaan AutoCAD tersebut tetap sama yaitu berupa kumpulan garis-garis yang akan membentuk suatu gambar yang bersifat teknikal yang akan tetap dapat dipakai sampai kapanpun.

Walaupun saat ini banyak program / software gambar teknik lain, tetapi software AutoCAD ini tetap saja menjadi favorit bagi para perencana, engineer, project manager, dan arsitek bahkan profesi lainnya yang berhubungan dengan gambar teknikal.

Dengan jumlah pemakai / user AutoCAD yang besar ini maka banyak platform software developer lainnya yang secara terpisah  dapat menggabungkan dan mencovert bentuk file mereka yang awalnya mempunya ekstensi berbeda menjadi file yang berekstensi dengan basis AutoCAD seperti .dwg .dxf. dan lainnya. Di antara software-software tersebut adalah software yang berhubungan dengan desain 3 dimensi, pertambangan, mapping/pemetaan dan liannya. beberapa di antaranya adalah 3D Max (yang akhirnya dibeli oleh Autodesk), Minescape, Global Mapper, Surpac dan lain-lain.

Dalam blog ini kami akan membahasa basicnyasecara umum dan kemudian pembahasannya berkembang menjadi lebih advance dan kalau memungkinkan akan kami kembangkan menjadi materi-materi ilmu AutoCAD yang lebih luas terutama yang mengarah ke penggunaan desain kontruksi.

Terimakasih sebelumnya bagi yang sudah subscribe di blog kami ini yang kedepannya mudah-mudahan dapat secra konsisten posting mengenai ilmu-ilmu dasar dan baru di blog ini mengenai AutoCAD  dan turunannya yang berhubungan dengan software tersebut.

Terimakasih.

0 comments