CARA MENGGAMBAR LINE (GARIS) DI AUTOCAD

Langsung saja kita mulai praktek cara membuat / menggambar perintah line di AutoCAD. Seperti di awal kami sebutkan sebelumnya kami akan menggunakan perintah line ini dengan menggunakan AutoCAD 2014.

Icon perintah Line pada Ribbon Draw

Adapun langkah pertama unuk membuat line ini adalah kita memilih menggambar line / garis dengan menggunakannya untuk garis lurus orthogonal ( tetap vertikal atau horizontal ) atau membentuk sudut terhadap garis orthogonal vertikal dan horizontal.

Pilihan orthogonal ini dilakukan dengan menekan tombol F8 yang akan muncul perintah ortho off ataupun ortho on di baris perintah sebagai tanda perintah ortho sedang mati atau hidup.

Setelah memastikan tombol; ortho hidup atau mati dilanjutkan dengan perintah membuat line sebagai berikut :

1. Klik kiri icon  line di ribbon Draw

2. Pilih titik awal pembuatan garis, atau masukkan koordinat awal X,Y.

3. Masukkan panjang garis yang diinginkan atau langsung ke perintah ke-4 juga bisa.

4. Masukkan titik kedua, atau masukkan koordinat akhir X,Y.

5. Tekan tombol enter untuk mengakhiri perintah line ini.

Yang perlu diingat dari perintah line ini adalah garis akan terus bersambung jika perintah enter yang terakhir tidak dilakukan. Jika perintah enter tidak dilakukan akan tersambung terus dan akan membentuk kumpulan garis yang bila dipilih salah satu garis tersebut akan terpilih satu garis saja. hal inilah yang akan membedakan perintah line dengan polyline yang akan kita lanjutkan di pelajaran selanjutnya.

Sebagai informasi perintah tombol line ini dapat diwakili dengan menekan tombol "L" sebagai shortcut/jalan pintas yang akan muncul di perintah konsol teks, yaitu dengan cara ketika tidak ada perintah apapun yang kita kerjakan kemudian kita memasukkan perintah dengan menekan tombol "L" kemudian tekan enter.

Demikian untuk tutorial cara membuat garis / line ini, semoga bermanfaat bagi yang mau belajar AutoCAD dasar.

Untuk memperjelas penggunaan perintah line ini kami lampirkan video yang kami buat di bawah ini.



dilanjutkan dengan video di bawah :


0 comments